Kebun Teh Cantik di Pulau Jawa

Kebun Teh Cantik di Pulau Jawa

Indonesia merupakan negeri dengan sejuta keindahan yang mempesona. Sebagai negeri yang bertanah subur, menjadikan berbagai jenis tanaman dengan keindahan menawan dapat kamu nikmati. Itulah mengapa banyak sekali wisata di Indonesia yang menawarkan wisata alam. Salah satunya ialah wisata kebun teh di Indonesia yang diakui dunia.

Teruntuk kamu yang ingin berlibur akhir pekan bersama keluarga, untuk sekedar melepas kepenatan dari rutinitas pekerjaan yang menguras pikiran, wisata kebun teh bisa menjadi alternatif solusi yang tepat.

Nah untuk kamu yang ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan suasana yang tenang, sejuk dan asri, kami sarankan untuk mengunjungi wisata kebun teh. Berikut kami telah merangkum wisata kebun teh yang rekomended dengan panorama indah nan mempesona.

1.Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Kebun Teh Rancabali dan Pangalengan juga terkenal dengan pemandangan kebun teh yang menakjubkan. Kebun Teh Rancabali adalah destinasi agro wisata yang terkenal dengan keindahan panoramananya. Perkebunan teh milik Pabrik Teh Walini ini terletak di daerah perbatasan Bandung dengan Kabupaten Cianjur.

Letaknya sendiri berada pada ketinggian 1.628 mdpl dengan suhu rata-ratanya sekitar 16 sampai 26 derajat celcius. Luas perkebunan ini pun mencapai 3.546 hektar yang tersebar mengikuti bentuk bukit.

Menurut sejarahnya, perkebunan sudah ada sejak tahun 1870. Dulunya, kebun teh ini menjadi aset pemerintah Belanda. Namun saat ini telah beralih menjadi milik swasta dengan pengelolaan bersama warga.

Karena letek geografisnya tersebut suasana di kebun teh ini tentu terasa sangat sejuk dan asri. Sehingga banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan seperti camping, bersantai, atau berfoto di kebun tehnya.

Apalagi fasilitas pendukung kawasan kebun teh ini sangat lengkap dan dekat dengan destinasi wisata lain. Misalnya saja seperti Kawah Putih, Penangkaran Rusa Ranca Upas dan Pemandian Air Panas Rancawalini.

 

 

2.Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Kebun Teh Nglinggo menawarkan pemandangan yang spektakuler, terutama di musim panas. Saatnya mencari ketenangan dan udara segar ke kebun teh Nglinggo, Kulon Progo, Yogyakarta, Jawa Tengah. Nggak hanya indah, kebun teh Nglinggo juga terjaga kebersihan dan keamanannya. Maklum, warga di sana sangat kompak menjaga kelestarian kebun teh dan desanya.

Saat di sini, kamu bisa mencoba memetik daun teh lalu membuat teh sangrai, bahkan menggembala ternak bersama warga.

 

3.Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Dieng Plateau memiliki kebun teh yang indah dan dapat dinikmati bersamaan dengan keindahan pegunungan. Jalan-jalan ke Wonosobo belum lengkap kalau nggak mampir ke Dieng. Selain menawarkan wisata alam khas dataran tinggi, Dieng juga punya spot seru untuk bertualang sambil menghirup udara segar, Kebun Teh Tambi.

Terletak di Tegalrejo, Kejajar, Perkebunan Teh Tambi menawarkan lukisan alam yang indah dan sejuk. Udara khas pegunungan yang kaya akan oksigen siap membuat kamu betah berlama-lama di sana. Makin seru, karena di sana terdapat fasilitas outbond untuk keluarga kamu yang ingin aktif liburan.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Sindoro membuat kebun teh ini menjadi destinasi favorit para pelancong. Apalagi, faktanya kebun teh ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang masih dirawat oleh pemerintah. Sehingga, banyak fitur-fitur wisata yang terjaga dengan baik.

Selain keindahan alamnya, Kebun Teh Tambi punya sejarah panjang yang cukup menarik untuk dikulik. Apalagi, sejak Revolusi Kemerdekaan Indonesia, pengelolaan perkebunan yang punya nama asli Bagelen Thee & Kina Maatschaappij jatuh ke tangan pribumi dari Pemerintah Belanda .

Namun, nggak berlangsung lama karena Konferensi Meja Bundar tahun 1950 membuat pengelolaannya dikembalikan ke tangan Belanda. Singkat cerita, pada tahun 1957, perusahaan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan memunculkan nama NV. Tambi yang berubah menjadi PT. Tambi.

Dengan lus sekitar 270 hektar, Kebun Teh Tambi berada di wilayah paling tiggi, yaitu 1400 hingga 2100 meter di atas permukaan laut. Jadi, jangan heran kalau cuaca di sekitarnya sangat dingin pada pagi dan sore hari.

 

4.Kabupaten Malang, Jawa Timur:

Kebun Teh Wonosari dan daerah sekitarnya menawarkan pemandangan alam yang hijau dan menawan. Berada tepat di kaki Gunung Arjuno, di Singosari, Malang, Jawa Timur, kebun teh Wonosari memiliki luas sekitar 1.144 hektar dan sudah ada sejak masa pemerintahan Belanda. Selain belajar mengolah daun teh di pabrik setempat, kamu juga bisa cuci mata melihat cantiknya tanaman hias, serta berendam di pemandian air panas. Buat kamu yang suka aktivitas seru, bisa mencoba berkuda, naik ATV, paintball, dan outbond.

Lokasi kebun teh Wonosari cukup mudah dijangkau kendaraan pribadi (roda dua dan empat), maupun kendaraan umum.

 

Akhir kata, itulah beberapa wisata kebun teh di Indonesia yang indah dan menawan, cocok untuk liburan weekend yang tidak terlalu memakan biaya namun tetap menyenangkan.